Category Archives: karakter bangsa

Tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016

Peringatan Hari Pahlawan merupakan agenda nasional yang diperingati setiap tahun, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang yang telah mengabdikan hidupnya demi tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apa yang telah diperjuangkan para pahlawan dan pejuang untuk membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia kiranya dapat menggugah bangsa Indonesia untuk bersatu padu menyatukan langkah membangun negeri sebagaimana yang dicita-citakan para pendahulu negeri hingga kita dapat berdiri sejajar dengan negara-negara lain di dunia dan tidak dipandang sebelah mata.

 

Sehubungan dengan hal tersebut sangatlah tepat apabila Hari Pahlawan tahun 2016 mengambil tema:

“Satukan Langkah Untuk Negeri”

LOGO HARWAN 2016

 

 

 

 

 

 

dan hastag:

#YukJadiPahlawan

 

Hal ini setidaknya mengingatkan pada kita semua untuk bersatu padu menyatukan langkah membangun negeri dan lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi maupun golongan yang akhir-akhir ini nampaknya sering terjadi bahkan sampai menimbulkan konflik.

Melalui peringatan Hari Pahlawan tahun ini diharapkan dapat menggerakkan segenap elemen bangsa untuk dapat berpartisipasi membangun negeri sesuai dengan kemampuan dan profesi masing-masing.

 

 

Share Ke ...Share on Google+Tweet about this on TwitterShare on FacebookPin on PinterestPrint this pageEmail this to someone

PENERIMAAN USULAN SATYALANCANA KEBAKTIAN SOSIAL 2016

Dengan hormat kami sampaikan, bahwa Kementerian Sosial RI setiap tahun melakukan pengusulan terhadap calon penerima Satyalancana Kebaktian Sosial (SLKS) yang merupakan tanda kehormatan untuk warga negara Indonesia yang telah berjasa dalam bidang sosial pada umumnya dan perikemanusiaan pada khususnya dari Presiden RI.

Adapun persyaratan untuk dapat diusulkan menerima SLKS adalah sebagai berikut :

  1. Telah melakukan kegiatan sosial kemanusiaan diwilayahnya.
  2. Daftar riwayat hidup calon penerima tanda kehormatan SLKS.
  3. Narasi Deskriptif tentang kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan yang telah dilaksanakan.
  4. Foto atau dokumentasi atau bukti lain tentang usaha kesejahteraan sosial yang dilakukan calon yang diusulkan.
  5. Pernyataan tertulis dari pejabat instansi sosial setempat yang menjelaskan kebenaran kegiatan calon yang diusulkan.
  6. Surat rekomendasi dari Gubernur setempat, atas permohonan dari Dinas Sosial Provinsi setempat.
  7. Calon yang diusulkan dapat berasal dari unsur manapun (masyarakat luas).
  8. Bagi Kepala Daerah (Gubernur) surat rekomendasi dibuat oleh sekretaris daerah provinsi setempat.
  9. Bagi Kepala Daerah (Bupati/ Walikota) surat pernyataan dikeluarkan oleh Dinas Sosial Provinsi dan Rekomendasi dari Gubernur setempat.

Sehubungan dengan hal tersebut, apabila dilingkungan Bapak/Ibu terdapat calon yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud, dapat diusulkan kepada Menteri social c.q Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial untuk selanjutnya akan kami telaah sesuai ketentuan yang berlaku.

Berkas usulan paling lambat telah kami terima tanggal 16 Agustus 2016. Berkas usulan yang diterima setelah tanggal tersebut akan diproses tahun berikutnya.

 

Leaflet Usulan SLKS:

1.a LEAFLET-SLKS

Surat Pengumuman Penerimaan usulan SLKS 2016 :

1.b Surat-Pemberitahuan-SLKS

 

Share Ke ...Share on Google+Tweet about this on TwitterShare on FacebookPin on PinterestPrint this pageEmail this to someone

Batas Akhir Pengusulan Calon Pahlawan Nasional Tahun 2016

Berkenaan dengan pengusulan calon Pahlawan Nasional tahun 2016, ada beberapa informasi yang perlu disampaikan:

  1. Batas akhir pengusulan calon Pahlawan Nasional tahun 2016 diterima di Kementerian Sosial RI tanggal 29 April 2016 dalam keadaan lengkap sejumlah 17 rangkap (asli 1 berkas), apabila dalam bulan April kelengkapan administrasi belum lengkap akan ditunda tahun berikutnya.
  2. Perlu kami informasikan bahwa Anggota Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) tidak diperkenankan menyelenggarakan seminar, diskusi atau sarasehan dan menjadi narasumber dalam pengusulan calon Pahlawan Nasional guna menghindari independensi dalam pengusulan dimaksud.
  3. Rekap kelengkapan administrasi pengusulan Calon Pahlawan Nasional 2016 dapat di download di DAFTAR KELENGKAPAN ADMINISTRASI USULAN CPN
Share Ke ...Share on Google+Tweet about this on TwitterShare on FacebookPin on PinterestPrint this pageEmail this to someone

PRESIDEN MENETAPKAN LIMA PAHLAWAN NASIONAL PADA TAHUN 2015

IMG_5037

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada tahun 2015 Indonesia memiliki tambahan 5 (lima) Pahlawan Nasional, sehingga sampai dengan tahun 2015 jumlah Pahlawan Nasional menjadi 168 (seratus enam puluh delapan) orang. Kelima Pahlawan Nasional yang baru itu adalah:

  1. Mas Isman dari Provinsi Jawa Timur
  2. I Gusti Ngurah Made Agung dari Provinsi Bali
  3. Komjen Pol. DR. M. Jasin dari Provinsi Jawa Timur
  4. Bernard Wilhelm Lapian dari Provinsi Sulawesi Utara
  5. Ki Bagus Hadikusumo dari Provinsi Yogyakarta

Riwayat perjuangan lengkap dapat di download di Profil Pahlawan Nasional 2015

Share Ke ...Share on Google+Tweet about this on TwitterShare on FacebookPin on PinterestPrint this pageEmail this to someone