LINTAS BATAS KESETIAKAWANAN SOSIAL DALAM RANGKA HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Lahat
Ibu Menteri Sosial RI dan Bapak Gubernur Sumatera Selatan didampingi Bapak Dirjen Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan beserta Pejabat Daerah setempat berfoto bersama penerima bantuan

Hari Senin, 15 Desember 2014 pukul 13:00 WIB Tim LBKS kembali melanjutkan perjalanan menuju provinsi Sumatera Selatan, tepatnya Kabupaten Lahat bersama dengan pengawalan dari Dinas Perhubungan dan Patwal dari Provinsi Lampung sampai dengan perbatasan Sumatera Selatan. Tim LBKS sempat beristirahat di SPBU Lampung Tengah untuk mengisi tenaga dan rapat kecil. Pada rapat kecl tersebut tim saling bertukar pikiran. Beberapa anggota yang pernah melintasi jalur Lampung-Lahat membagikan pengalamannya.

Jalur Lampung-Lahat adalah jalur terberat yang akan ditempuh. Tidak hanya karena jalur tempuhnya yang panjang, namun juga kondisi medan yang susah dilalui. Waktu tempuh yang dibutuhkan berkisar antara 12-15 jam perjalanan, ditambah lagi kondisi hari yang pada saat itu sudah gelap, sehingga Tim tidak akan dapat melaju seperti kecepatan disiang hari akan menambah panjang waktu tempuh yang dibutuhkan. Tim pun harus ekstra waspada, karena jalur Lampung-Lahat adalah jalur lurus melintasi wilayah hutan, sehingga jalur ini sering dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya.

Hari Selasa tanggal 16 Desember 2014 pukul 06:30 WIB, Tim LBKS tiba di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Tim LBKS menyerahkan Pataka KSN pada Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan dan dilanjutkan diserahkan pada Kepala Dinas Kabupaten Lahat. Tim LBKS menuju ke lapangan Cenderawasih tempat acara dilaksanakan. Mobil-mobil langsung diparkirkan sesuai formasi pelepasan. Beberapa agenda kegiatan BBKS Provinsi Sumatera Selatan adalah:

  1. Donor Darah
  2. Berobat Gratis,
  3. Sunatan Massal
  4. Layanan LK3
  5. Bazar KUBE
  6. Kegiatan CSR berupa bantuan bagi keluarga miskin, lansia, penyandang cacat.

Pada pukul 13:00 WIB Bupati Lahat bersama Kadis. Sosial Provinsi Sumatera Selatan menyerahkankan PATAKA KSN dan Bendera Merah Putih kepada Tim LBKS dan dilanjutkan Pelepasan Tim untuk melanjutkan perjalanan menuju ke Jambi dengan dikawal oleh Patroli Kawal POLDA Sumatera Selatan bersama dengan Tim TAGANA Provinsi Sumatera Selatan sampai diperbatasan Prov.Sumatera Selatan (di Kab.Muratara) dengan Prov. Jambi (di Kab. Surolangun).

Beberapa paket bantuan yang diturunkan adalah sebagai berikut:

  1. 300 Paket Makanan tambahan dan Vitamin untuk anak-anak dari Yayasan Surya Kebenaran Internasional.
  2. 300 Paket kacamata baca untuk usia diatas 50 Tahun dari Yayasan Surya Kebenaran Internasional.
  3. 3 Unit kaki dan tangan palsu dari Yayasan Surya Kebenaran Internasional.
  4. 12 Unit alat bantu dengan dari Yayasan S Surya Kebenaran Internasional.
  5. 10 Unit Kursi Roda dari Yayasan Pondok kasih
  6. 4 unit tongkat tangan
  7. 20 Paket Seragam Sekolah dari Asia Muslim Charity Foundation
  8. 40 Paket Al Qur’an Terjemahan Bahasa Indonesia dari Asia Muslim Charity Foundation
  9. 40 Paket Pulpen berlogo AMCF dari Asia Muslim Charity Foundation
  10. 200 Paket Perlengkapan Sekolah dari Metropolitan Land
  11. 150 Paket Perlengkapan Sekolah dari BNI
  12. 000 Kaleng Kornet dari Rumah Zakat
  13. Pengobatan Gratis dari Bulan Sabit Merah Indonesia
  14. 200 Paket Sembako dari Yayasan Amalillah
  15. Posko Pelayanan konsultasi dan informasi dari Yayasan Kasih Tuna Daksa berupa Konsultasi alat bantu pengganti kaki/tangan dan braces bagi penyandang disabilitas (fasilitas basecamp dari pemda/CSR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *