Tentang K2KS

Perjuangan dalam mencapai kemerdekaan, mempertahankan dan mengisinya melahirkan warga negara yang berjasa besar terhadap bangsa dan negara Indonesia. sebagai bangsa besar memiliki kebijakan untuk memberikan pengakuan, penghormatan dan perlakuan atas jasa-jasa mereka melalui mekanisme yang diatur dalam UU No. 20 Tahun 2009 tentang Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Direktorat K2KS mengemban amanah ini dan menuangkan kerangka fikir program dalam struktur kegiatan sebagai berikut : kegiatan seleksi, dan pengkajian warga negara yang berjasa luar biasa, pengakuan dan penganugerahan, diberikan haknya melalui bantuan sosial sebagai wujud penghargaan kepada keluarganya, dirawat dan dijaga makamnya, kemudian nilai, semangat dan konsepsi perjuangan mereka dilestarikan dan diteruskan pada generasi muda kini dan mendatang.

Kondisi pada saat ini, bangsa Indonesia sedang dihadapkan pada permasalahan kerenggangan kohesi sosial yang berpotensi mengerucut pada masalah disintegrasi. Program Dit. K2KS disesuaikan dengan kondisi dan tantangan (kontemporer) masyarakat kekinian, yaitu membangun ingatan kolektif dan membangun kesadaran berbangsa dengan konsepsi nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial ( konsepsi nilai K2KS adalah satu kesatuan yang tidak terpisah satu sama lain karena esensi dari kepahlawanan adalah pengorbanan, esensi dari keperintisan adalah militansi, esensi dari kesetiakawanan sosial adalah kepekaan ), melalui berbagai program dan kegiatannya, seperti : proses pengusulan gelar Pahlawan Nasional dan Perintis Kemerdekaan, pemberian bantuan sosial bulanan, bantuan kesehatan, bantuan perbaikan rumah/ bantuan perumahan  kepada  keluarga  Pahlawan  Nasional dan Perintis Kemerdekaan, pemeliharaan Taman Makam Pahlawan Nasional (TMP)/ Makam Pahlawan Nasional (MPN), maupun pelestarian Nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial seperti rangkaian kegiatan Peringatan Hari Pahlawan dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *